Minggu, 22 Mei 2011

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM IBADAH


Disusun Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Tugas Akhir
Praktikum Ibadah Mahasiswa Ekonomi Islam STAIN Kudus
Tahun Akademik 2010/2011
Dosen Pembimbing : Suhadi, LC





Disusun Oleh:
Moh. A’id Fadlli
NIM: 209133

JURUSAN SYARI’AH PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM (EI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
TAHUN 2010



PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM IBADAH

Llaporan praktikum ibadah ini benar-benar disusun oleh peserta praktikum sebagaimana namanya tercantum di bawah, dan telah dievaluasi serta dinyatakan memenuhi persyaratan. Disusun oleh:

Nama : Moh. A’id Fadlli
NIM : 209133
Program Studi : Ekonomi Islam (EI)
Jurusan : Syari’ah

Untuk itu, laporan ini dapat disahkan dan diterima sebagai salah satu syarat memenuhi pelaksnaan praktikum ibadah mahasiswa Ekonomi Islam STAIN Kudus.

Kudus, 13 Desember 2010
Dosen Pembimbing, Praktikan,


(………………………………..) (Moh. A’id Fadlli)
NIP: …………………………... NIM: 209133


MEMBACA AL-QUR’AN
Praktikum dalam topik ini adalah membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Yaitu dengan memperhatikan pengucapan lafal terutama dalam hal tajwid. Praktikum ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana mahasiswa dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih serta memperhatikan tajwidnya.
Tajwid menurut bahasa berarti memperbaiki sesuatu, menurut istilah berarti membunyikan setiap huruf dengan makhroj (suara yang keluar) yang benar serta memenuhi hak-hak setiap huruf yakni sifat aslinya. Pengertian ilmu tajwid secara keseluruhan adalah ilmu yuang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya membunyikan huruf-huruf dengan benar, baik huruf yang berdiri sendiri maupun huruf yang dirangkai. Tujuan ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Qur’an dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca. Mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardlu khifayah, sedangkan membaca Al-Qur’an dengan benar (sesuai ilmu tajwid) hukumnya fardlu ’ain yang berarti wajib.
Adapun praktik pelaksanaannya yaitu membaca langsung beberapa ayat kemudian menyebutkan bacaan-bacaan apa saja yang terdapat dalam ayat-ayat yang dibaca seorang mahasiswa tadi.


HAFALAN 10 SURAT PENDEK
Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat menghafal minimal 10 surat pendek yang terdapat di dlm Al-Qur’an. Adapun surat-surat yang dihafalkan yaitu
Sebagai berkut:
1. Surat At-Takasur
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ (١)حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ (٢)كَلا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (٣)ثُمَّ كَلا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (٤)كَلا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ (٥)لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ (٦)ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ (٧)ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ (٨)

2. Surat Al-‘Ashr
وَالْعَصْرِ (١)إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢)إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣)

3. Surat Al-Humazah
وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ (١)الَّذِي جَمَعَ مَالا وَعَدَّدَهُ (٢)يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (٣)كَلا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (٤)وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ (٥)نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ (٦)الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الأفْئِدَةِ (٧)إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ (٨)فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ (٩)

4. Surat Al-Fiil
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (١)أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (٢)وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (٣)تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ (٤)فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ (٥)

5. Surat Quraisy
لإيلافِ قُرَيْشٍ (١)إِيلافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (٢)فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (٣)الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (٤)
6. Surat Al-Ma’un
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ (١)فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ (٢)وَلا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ (٣)فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (٤)الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ (٥)الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (٦)وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (٧)
7. Surat Al-Kautsar
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (١)فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (٢)إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ (٣)

8. Surat Al-Kaafirun
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (١)لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ (٢)وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (٣)وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ (٤)وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (٥)لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (٦)

9. Surat An-Nashr
إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ (١)وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا (٢)فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا (٣)

10. Surat Al-Lahab
تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ (١)مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ (٢)سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣)وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤)فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ (٥)



HAFALAN DO’A-DO’A SUNNAH

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa mampu dan hafal do’a-do’a yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Adapun yang do’a yang dihafalkan dalam tema praktikum ini antara lain:
1. Do’a Qunut
اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيْمَنِ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ،وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ.
2. Do’a setelah tasyahud akhir sebelum salam

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ.
اَللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.
3. Do’a ketika salam
Setelah salam pertama:



Setelah salam kedua:


SHOLAT SAFAR

Safar secara bahasa berarti: Melakukan perjalanan, lawan dari iqomah. Orangnya dinamakan musafir lawan dari muqim. Sedangkan secara istilah, safar adalah: Seseorang keluar dari daerahnya dengan maksud ke tempat lain yang ditempuh dalam jarak tertentu.
Jadi seseorang disebut musafir jika memenuhi tiga syarat, yaitu: Niat, keluar dari daerahnya dan memenuhi jarak tertentu. Jika seseorang keluar dari daerahnya tetapi tidak berniat safar maka tidak dianggap musafir. Begitu juga sebaliknya jika seorang berniat musafir tetapi tidak keluar dari daerahnya maka tidak dianggap musafir. Begitu juga jarak yang ditempuh menentukan apakah seseorang dianggap musafir atau belum, karena kata safar biasanya digunakan untuk perjalanan jauh.
SHALAT QASHAR
Mengqashar shalat adalah mengurangi shalat yang 4 rakaat menjadi 2 rakaat, yaitu pada shalat zhuhur, Ashar dan 'Isya.
Allah SWT berfirman:
Artinya: "Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu menqashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS an-Nisaa' 101)
ANTARA DUA SHALAT SAAT SAFAR
Jama' antara dua shalat, pada waktu safar dibolehkan. Shalat yang boleh dijama' adalah shalat Dzuhur dengan Asar, dan shalat Maghrib dengan 'Isya.
Shalat jama' terdiri dari dua macam, yaitu jama' taqdim dan jama' ta'khir. Jama' taqdim adalah menggabungkan shalat antara shalat Zhuhur dan Asar yang dilakukan pada waktu Zhuhur dan shalat Maghrib dan 'Isya yang dilakukan pada waktu Maghrib. Sedangkan jama' ta'khir adalah menggabungkan shalat antara shalat Zhuhur dan Asar yang dilakukan pada waktu Asar dan shalat Maghrib dan 'Isya yang dilakukan pada waktu 'Isya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar